Berita Terkini

Pertemuan Enumerator Harga Pangan Kecamatan Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota

Post Title

Dari berbagai aspek ekonomi pangan, harga merupakan salah satu aspek penting yang perlu mendapat perhatian. Sumber permasalahan yang paling utama terjadi lonjakan harga pangan akibat adanya krisis pangan yang akan menjadi ancaman bagi rakyat miskin. Krisis ini bisa menunjukkan reaksi dan gejolak yang sangat hebat.

Dengan demikian melalui pemantuan harga pangan yang dilakukan baik oleh aparatur Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai petugas pemantau harga dan petugas analisa pangan di pasar-pasar kecamatan, akan didapatkan data harga beberapa komoditi pangan setiap harinya serta analisa data mingguan, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan rekomendasi dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pengendalian harga pangan. Tujuan dari kegiatan Pemantauan dan  Akses harga Pangan Masyararakat dalam pemantauan harga pangan pokok adalah :

  1. Tersedianya data dan informasi berdasarkan instrumen dan indikator pemantauan harga secara periodik dan berkesinambungan
  2. Tersedianya bahan analisis harga bahan pokok
  3. Rumusan rencana tindak lanjut dan intervensi serta sasaran kebijakan pembangunan bidang pangan khususnya distribusi dan harga pangan di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada tanggal 25 Maret 2021 dilaksanakan pertemuan sosialisasi enumerator harga Tahun 2021  diaula ex.BP4K, Tanjung Pati.  Pertemuan dihadiri oleh petugas enumerator harga setiap kecamatan se-Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak 13 orang..

Tujuan dari pelaksanaan Pertemuan sosialisasi enumerator harga Tahun 2021 adalah agar petugas enumerator harga yang telah ditunjuk oleh wali nagari mampu menguasai metode/cara pemantauan harga sehingga dapat melaksanakan pengumpulan dan pelaporan data harga dengan baik, benar dan dapat dipercaya.

Materi yang disampaikan dalam pertemuan ini adalah (1) gambaran umum tentang komoditi pangan; (2) Akses pangan masyarakat; (3) Tata cara pengumpulan dan pengiriman data panel harga pangan tahun 2021 (pengisian kuisioner, penandatanganan surat pernyataan oleh enumerator dan diketahui oleh wali nagari disetiap pasar yang di pantau). Sehingga dengan adanya kegiatan ini permasalahan yang paling utama terjadi lonjakan harga pangan akibat adanya krisis pangan dapat teratasi.

Video Terbaru


Agenda



Sampaikan Saran Anda


Polling